FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
STIES PUTRA BANGSA TEGAL
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2017/2018
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
1.
Mata Kuliah :
Ulumul Qur'an
2.
Kode Mata Kuliah :
3.
Jurusan/Prodi :
4.
Semester/SKS :
1/2
5.
Jenis Mata Kuliah :
Wajib
6.
Dosen :
M. Masrukhan, M.E
B.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini meliputi kajian
tentang hal-hal yang berkaitan dengan al-Quran yang meliputi Pengertian
al-Quran dan Ulumul al-Quran, Sejarah Turunnya Al-Quran, Rasm al-Quran, Asbab an-Nuzul, Munasabah al-Quran, Nasikh
Mansukh, Makiyyah dan Madaniyah, Muhkam dan Mutasyabih, I’jaz al-Quran, Qiroat
al-Quran, Tafsir dan Perkembangannya, dan Tafsir, Takwil, dan Terjemah.
C.
KOMPETENSI
1.
Pengetahuan (Knowledge)
a.
Mahasiswa mampu mengetahui dan menjelaskan tentang ulumul
Qur'an dengan baik
b.
Mahasiswa mampu mengkonstruksikan segala pengetahuan
mendasar meliputi pengertian, ruang lingkup dan pokok-pokok bahasan ulumul Qur'an
c.
Mahasiswa mampu memahami asbab an-Nuzul, Nasikh
Mansyukh, Munasabah, Qoshosh al-Quran, dan lain-lain dengan baik
2.
Nilai (Value/Attitude)
a.
Mahasiswa mampu menunjukkan kesungguhan dalam
mempelajari mata kuliah Pengantar ulumul Qur'an
b.
Mahasiswa Proaktif dan interaktif dengan dosen maupun
sesama mereka selama proses pembelajaran berlangsung
c.
Mahasiswa
3.
Keterampilan (Skills)
a.
Mahasiswa mampu meresapi kandungan hikmah al-Quran dan
memahami tafsirnya dengan baik
D.
MATRIKS PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan Ke
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
Perkuliahan
|
Bentuk
Perkuliahan
|
Jenis Penilaian
|
Referensi
|
|
Metode/Media/Sumber
Belajar
|
Aktivitas
Mahasiswa
|
||||||
1.
|
Petemuan 1
|
Memahami
Pengertian, Ruang lingkup, dan pokok-pokok bahasan Study al-Quran
|
Kontrak
Pembelajaran dan kuliah studi al-Quran
|
Monolog dan
dialog
|
Tanya jawab
|
-
|
-
|
2.
|
Pertemuan II
|
Memahami dan
mendiskripsikan tentang sejarah dan hikmah turunnya al-Quran
|
Sejarah dan
turunnya al-Quran
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Al-Mu’jam al
Mufahras li al-Faz al-Quran al-Karim, Muhammad Fuad Abd al-Baqy
|
3.
|
Pertemuan III
|
Memahami
pengertian dan jenis, bentuk ungkapan dan penulisan rasm al-Quran
|
Rasm al-Quran
|
Lecturing, diskusi
dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Manna Khalil
al-Khattan, Mabahits Fi ‘Ulum al-Quran
|
4.
|
Pertemuan IV
|
Memahami
pengertian dan jenis, bentuk ungkapan dan signifikansi Asbab an-Nuzul
|
Asbab an-Nuzul
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Manna Khalil
al-Khattan, Mabahits Fi ‘Ulum al-Quran
|
5.
|
Pertemuan V
|
Memahami
pengertian, jenis dan signifikansi munasabah al-Quran
|
Munasabah
al-Quran
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Tekstualita
al-Quran: kritik terhadap ulum al-Quran, Abu Zaid Nashr Hamid
|
6.
|
Pertemuan VI
|
Memahami dan mendiskripsikan
pengertian, cara mengetahui adanya nasakh dan mansukh dan pendapat para
ulama’ tentang nasakh dan mansukh dengan dalil-dalilnya, jenis-jenis nasakh
mansukh dan hikmahnya
|
Nasakh Mansukh
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Tekstualita
al-Quran: kritik terhadap ulum al-Quran, Abu Zaid Nashr Hamid
|
7.
|
Pertemuan VII
|
-
|
UTS
|
-
|
-
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
-
|
8.
|
Pertemuan VIII
|
Memahami dan
mendiskripsikan pengertian, cara mengetahui adanya Maky dan Madany dan
urgensinya, pendapat ulama tentang Maky dan Madany dan dalilnya, jenis-jenis
Maky dan Madany serta hikmahnya
|
Maky dan Madany
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Tekstualita
al-Quran: Kritik terhadap Ulumul Quran, Abu Zaed Nashr Hamid
|
9.
|
Pertemuan IX
|
Memahami
pengertian, sebab adanya surat, memahami pendapat para ulama dan faedah dari
ayat Muhkam dan Mutasyabih
|
Muhkam dan
Mutasyabih
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Al-Khuli, Amin,
Manhaj Tajdid Fi Al Nahw Wa Al Balaghah Wa Al Tafsir Wa Al Adab
|
10.
|
Pertemuan X
|
Memahami pengertian
I’jaz al-Quran, macam-macam mu’jizat dan segi-segi kemu’jizatan dalam
al-Quran
|
I’jaz al-Quran
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Al-Khuli, Amin,
Manhaj Tajdid Fi Al Nahw Wa Al Balaghah Wa Al Tafsir Wa Al Adab
|
11.
|
Pertemuan XI
|
Memahami
pengertian, perbedaan pandangan dan pendapat para ulama’, dan mengenal
jenis-jenis Qiroah al-Quran
|
Qiroah al-Quran
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Al-Khuli, Amin,
Manhaj Tajdid Fi Al Nahw Wa Al Balaghah Wa Al Tafsir Wa Al Adab
|
12.
|
Pertemuan XII
|
Memahami Sejarah
Munculnya ilmu tafsir, dan Pendapat
para ulama, tentang tafsir serta ilmu tafsir dan perkembangannya
|
Tafsir dan
Perkembangannya
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Al-Khuli, Amin,
Manhaj Tajdid Fi Al Nahw Wa Al Balaghah Wa Al Tafsir Wa Al Adab
|
13.
|
Pertemuan XIII
|
Memahami
pengertian dan perbedaan masing-masing tafsir, klasifikasi bentuk penafsiran
yang meliputi al-matsur dan al-ro’yi, dan metode penafsiran dan corak
penafsiran
|
Tafsir, Ta’wil,
dan Terjemah
|
Lecturing,
diskusi dan studi kasus menggunakan infocus, power point dan e-larning
|
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan laporan secara individual maupun kelompok
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
Syamsudin, Abdul
Shiron, Studi al-Quran Kontemporer Wacana Baru Berbagi Metodologi Tafsir
Mustaqim
|
14.
|
Pertemuan XIV
|
-
|
UAS
|
-
|
-
|
Kehadiran,
evaluasi tugas UTS dan UAS
|
-
|
E.
REFERENSI
a. Wajib
1.
Abd al-Baqy, Muhammad Fuad, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-Karim, Kairo: Daar
al-Hadits, 1994
2.
Manna Khalil al-Khattan, Mabahits Fi ‘Ulum al-Qur’an, Terj. Kairo: Maktabah Wahbah, Tt.
3.
Abu Zaid Nashr Hamid, Tekstualita al-Qur’an: Kritik Terhadap Ulumul Quran, Terj. Khoirun
Nahdiyin, Yogyakarta: LKIS, 2002
4.
Amal, Taufik Adnan, Rekonstruksi Sejarah Al-Quran, Yogyakarta: YKBA, 2011
5.
Al-Khuli, Amin, Manhaj
Tajdid Fi Al Nahw Wa Al Balaghah Wa Al-Tafsir Wa Al Adab, Mesir: Maktah
al-Usrah, 2003
6.
Mustaqim Abdul Shiron Syamsudin, (ed), Studi Al-Quran Kontemporer Wacana Baru
Berbagai Metodologi Tafsir, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002
b. Pilihan
1.
Al-Zarkasy Imam Badr Al-Din Muhammad bin Abdullah, Al-Burhan Fi ‘Ulum Al-Quran, Beirut:
Daar al-Fikr, 2004
2.
Abdul Jalal, Ulum Qur,an, Surabaya: Dunia Ilmu, 2000
3.
M. Quraish Shihab, Mukjizat
al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1999
4.
Rosihon Anwar, Pengantar
Ulumul Quran, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Slawi,
April 2018
Dosen
Pengampu, Gugus
Mutu,
M. Masrukhan, M.E
NIP
Comments
Post a Comment