makalah ISLAM TINJAUAN TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS


MAKALAH
FILOSOFIS DAN ANTROPOLOGIS
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Metodologi Studi Islam
Jurusan: Hukum Ekonomi Syariah
Dosen Pengampu : Masrukhan, ME

Disusun oleh : Kelompok 7
1.      Nelly Riyanti        (1808202057)
2.      Putri Islamiati        (1808202078)
3.      Rini Juniati            (1808202043)

FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI CIREBON
1440 H / 2018 M


Kata Pengantar
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga penulisan makalah yang berjudul “Islam Tinjauan Teologis dan Sosiologis, Filosofis dan Antropologis” dapat terselesaikan. Penulisan ini diharapkan dapat menjadi wawasan atau ilmu yang bermanfaat bagi para pembaca.
            Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bapak Masrukhan, ME. selaku dosen pendamping yang telah memberikan banyak bimbingan dan arahan kepada penulis dalam belajar dan menyelesaikan tugas ini.
            Kami sangat menyadari bahwa kesempurnaan dan keagungan hanya milik Allah semata. Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun sangat saya harapkan.















Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang......................................................................................................1
B.     Rumusan Masalah.................................................................................................1
C.    Tujuan....................................................................................................................1
BAB 2 PEMBAHASAN
A.  Islam Tinjauan Teologis dan Sosiologis...............................................................2
1.      Teologis............................................................................................................2
2.      Sosiologis..........................................................................................................2
B.   Islam Tinjauan Filosofis dan Teologis.................................................................3
1.      Filosofis............................................................................................................3
2.      Antropologis....................................................................................................4
BAB 3
Kesimpulan..............................................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................6










BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Telah muncul suatu kajian agama yang menggunakan antropologi dan sosiologi sebagai basis pendekatannya. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang selama ini digunakan dipandang harus dilengkapi dengan pendekatan antropologi dan sosiologi tersebut. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang ada selama ini antara lain pendekatan teologis, normatif, filosofis, dan historis.
Melalui tinjauan antropologi sosok agama yang berada pada dataran empirik akan dapat dilihat serat-seratnya dan latar belakang mengapa ajaran agama tersebut muncul dan dirumuskan. Antropologi berupaya melihat antara hubungan agama dengan berbagai pranata sosial yang terjadi di masyarakat. Penelitian hubungan antara agama dan ekonomi melahirkan beberapa teori yang cukup menggugah minat para peneliti agama. Dalam berbagai penelitian antropologi agama dapat ditemukan adanya hubungan yang positif antara kepercayaan agama dengan kondisi ekonomi dan politik. Menurut kesimpulan penelitian antropologi, golongan masyarakat kurang mampu dan golongan miskin lain pada umumnya lebih tertarik kepada gerakan keagamaan yang bersifat mesianis, yang menjanjikan perubahan tatanan sosial kemasyarakatan. Sedangkan golongan kaya lebih cenderung untuk mempertahankan tatanan masyarakat yang sudah mapan secara ekonomi lantaran tatanan tersebut menguntungkan pihaknya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari Teologis dan sosiologis ?
2.      Apa perbedaan dari teologi, sosiologis, filosofis, dan antropologis ?
3.      Apa yang dimaksud dengan filosofis dan antropologis ?

C.    Tujuan
1.      Untuk  mengetahui pengertian teologis dan sosiologis
2.      Untuk mengetahui pengertian filosofis dan antropologis
3.      Bisa membedakan teologis, sosiologis, filosofis, dan antropologi
BAB 2
PEMBAHASAN
A.    ISLAM TINJAUAN TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS
1.      TEOLOGIS
Teologi berasal dari bahasa Yunani, theos yang berarti Allah (Tuhan) dan logis, yang artinya ilmu. Teologi artinya ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama atau ilmu yang mempelajari tentang Tuhan.
Teologi membahas tentang eksistensi Tuhan dan tuhan-tuhan dalam sebuah konsep  nilai-nilai ketuhanan yang terkonstruksi dengan baik sehingga pada akhirnya menjadi sebuah agama atau aliran kepercayaan.
Teologis dibagi menjadi tiga, yaitu:
a.         Teologi normatif/apologis, yaitu upaya memahami agama dengan menggunakan kerangka ilmu ketuhanan yang menimbulkan keyakinan bahwa agama yang dianut adalah yang paling benar dibanding agama lain.
b.        Teologi dialogis, yaitu mengkaji agama tertentu dengan menggunakan perspektif agama lain. Teologi ini bertolak dari perspektif teologi Kristen. Bahkan, banyak digunkana oleh orientalis dalam mengkaji Islam.
c.         Teologi konvergensi, yaitu metode pendekatan terhadap agama dengan melihat unsur-unsur persamaann dari setiap agama atau aliran, untuk mempersatukan unsur esensial dalam agama-agama sehingga tidak tampak perbedaan yang esensial.

2.      SOSIOLOGIS
Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius, artinya teman/kawan, dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Sosiologi juga dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yang mengandung cara-cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada diluar individu (Durkheim, 1970). Adapun sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang membatasi diri terhadappersoalan penilaian (Soekarno, 2006).
Dengan menggunakan pendekatan sosiologis, agama akan dijelaskan dengan beberapa teori, misalnya agama merupakan perluasan dari nilai-nilai sosial. Agama adalah mekanisme integrasi sosial, agama berhubungan dengan sesuatu yang tidak di ketahui dan tidak terkontrol, dan masih banyak teori lainnya. Pendekatan ilmu-ilmu sosial menjelaskan aspek empiris orang beragama sebagai pengaruh dari norma sosial, dorongan instingtif untuk stabilitas sosial, dan sebagai bentuk ketidakbudayaan manusia dalam menghadapi ketakutan. Pendekatan ilmu-ilmu sosial memberikan penjelasan mengenai fenomena agama dalam kerangka seperti hukum sebab akibat, supply and demand, atau stimulus and respons.

B.     ISLAM TINJAUAN FILOSOFIS DAN TEOLOGIS

1.      FILOSOFIS
Kata Filosofis berasal dari kata filsafat, dari bahasa Yunani, yaitu pilos yang artinya cinta pada kebenaran, ilmu, dan hikmah.
Menurut Purwadarmita (1999), filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenal sebab-sebab, asas-asas hukum, dan sebagainya terhadap sesuatu yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti adanya sesuatu.
Studi Islam pendekatan filosofis adalah melihat suatu permasalahan dari sudut tinjauan filsafat dan berusaha untuk menjawab dan memecahkan permasalahan itu dengan menggunakan analisis spekulatif. Pada dasarnya, filsafat adalah berpikir untuk memecahkan masalah atau pertanyaan dan menjawab suatu persoalan. Akan tetapi, tidak semua berpikir untuk memecahkan dan menjawab permasalahan dapat disebut filsafat. Fislafat adalah berpikir secara sistematis radikal dan universal. Disamping itu filsafat mempunyai bidang (objek yang dipikirkan) sendiri, yaitu bidang permasalahan yang bersifat filosofis, yaitu bidang yang terletak diantara dunia ketuhanan yang gaib dengan dunia ilmu pengetahuan yang nyata.







2.      ANTROPOLOGIS
Antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos, artinya manusia/orang, dan logos yang berarti wacana. Antopologis adalah ilmu yang mempelajari segala aspek dari manusia, yang terdiri atas aspek fisik dan non fisik serta berbagai pengetahuan tentang kehidupan lainnya yang bermanfaat.
Pendekatan antropologis merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

Menurut Anthoni Jackshon objek antropologis terhadap agama ada empat kelompok:
a.       Modus pemikiran primitif, meliputi masalah kepercayaan, rasionalitas dan klasifikasi sistemnya, semacam soal totem.
b.      Bagaimana pemikiran dan perasaan dikomunikasikan, seperti melalui simbol dan mite.
c.       Teori dan praktik keagamaan yang topik sentralnya adalah ritus
d.      Praktik ritual sampingan, seperti soal magis, ekstase, dan orakel.













Kesimpulan
Teologi membahas tentang eksistensi Tuhan dan tuhan-tuhan dalam sebuah konsep  nilai-nilai ketuhanan yang terkonstruksi dengan baik sehingga pada akhirnya menjadi sebuah agama atau aliran kepercayaan. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yang mengandung cara-cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada diluar individu (Durkheim, 1970). Adapun sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang membatasi diri terhadappersoalan penilaian, filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenal sebab-sebab, asas-asas hukum, dan sebagainya terhadap sesuatu yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti adanya sesuatu, dan Pendekatan antropologis merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.















DAFTAR PUSTAKA
Kodir, koko Abdul, Metodologi  Studi Islam, Bandung: Pustaka Setia; cet. 1 Oktober 2014.



PERTANYAAN
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan praktik ritual sampingan,magis, ekstase, dan orakel ? (Holilah)
2.      Berikan contoh dari Pendekatan Sosiologis ? (Denayu)
3.      Jelaskan semua point tentang objek antropologi terhadap agama ? (Fadli)


Comments

  1. Hadir
    Muhamad Rizal (1808202164)
    HES B/1

    ReplyDelete
  2. Moch hilman Saepulloh (1808202041)

    ReplyDelete
  3. Nadia Ainun Syafi'i (1808202070)

    ReplyDelete
  4. Hes B / Semester 1
    - Ditta Mardiatta (1808202067)
    - Herti (1808202072)
    - Eva R.F (1808202050)
    - Denayu Pangestu (1808202079)
    - Rini Juniati (1808202043)
    - Asri Susanti (1808202077)

    ReplyDelete
  5. Hadir
    Pipin Prihatini (1808202066)

    ReplyDelete
  6. - Faturrohman
    - Fadli daud A
    - Siti Humaeroh
    - Hisni Faoziyah

    ReplyDelete

Post a Comment