MAKALAH
FILOSOFIS DAN
ANTROPOLOGIS
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Metodologi Studi Islam
Jurusan:
Hukum Ekonomi Syariah
Dosen
Pengampu : Masrukhan, ME
Disusun oleh : Kelompok 7
1. Nelly Riyanti (1808202057)
2. Putri Islamiati (1808202078)
3. Rini Juniati (1808202043)
FAKULTAS SYARIAH DAN
EKONOMI ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI SYEKH NURJATI CIREBON
1440 H / 2018 M
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga penulisan
makalah yang berjudul “Islam Tinjauan Teologis dan Sosiologis, Filosofis dan
Antropologis” dapat terselesaikan. Penulisan ini diharapkan dapat menjadi
wawasan atau ilmu yang bermanfaat bagi para pembaca.
Kami ucapkan terimakasih yang
sebesar-besarnya bapak Masrukhan, ME. selaku dosen pendamping yang telah
memberikan banyak bimbingan dan arahan kepada penulis dalam belajar dan
menyelesaikan tugas ini.
Kami sangat menyadari bahwa
kesempurnaan dan keagungan hanya milik Allah semata. Oleh karena itu, kritik
dan saran dari pembaca yang bersifat membangun sangat saya harapkan.
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang......................................................................................................1
B.
Rumusan
Masalah.................................................................................................1
C.
Tujuan....................................................................................................................1
BAB 2 PEMBAHASAN
A.
Islam Tinjauan Teologis dan Sosiologis...............................................................2
1.
Teologis............................................................................................................2
2.
Sosiologis..........................................................................................................2
B.
Islam Tinjauan Filosofis dan
Teologis.................................................................3
1.
Filosofis............................................................................................................3
2.
Antropologis....................................................................................................4
BAB 3
Kesimpulan..............................................................................................................5
DAFTAR
PUSTAKA.........................................................................................................6
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Telah
muncul suatu kajian agama yang menggunakan antropologi dan sosiologi sebagai
basis pendekatannya. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang selama ini
digunakan dipandang harus dilengkapi dengan pendekatan antropologi dan
sosiologi tersebut. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang ada selama
ini antara lain pendekatan teologis, normatif, filosofis, dan historis.
Melalui
tinjauan antropologi sosok agama yang berada pada dataran empirik akan dapat
dilihat serat-seratnya dan latar belakang mengapa ajaran agama tersebut muncul
dan dirumuskan. Antropologi berupaya melihat antara hubungan agama dengan
berbagai pranata sosial yang terjadi di masyarakat. Penelitian hubungan antara
agama dan ekonomi melahirkan beberapa teori yang cukup menggugah minat para
peneliti agama. Dalam berbagai penelitian antropologi agama dapat ditemukan
adanya hubungan yang positif antara kepercayaan agama dengan kondisi ekonomi
dan politik. Menurut kesimpulan penelitian antropologi, golongan masyarakat
kurang mampu dan golongan miskin lain pada umumnya lebih tertarik kepada
gerakan keagamaan yang bersifat mesianis, yang menjanjikan perubahan tatanan
sosial kemasyarakatan. Sedangkan golongan kaya lebih cenderung untuk
mempertahankan tatanan masyarakat yang sudah mapan secara ekonomi lantaran
tatanan tersebut menguntungkan pihaknya.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa pengertian dari Teologis dan sosiologis
?
2. Apa perbedaan dari teologi, sosiologis,
filosofis, dan antropologis ?
3. Apa yang dimaksud dengan filosofis dan
antropologis ?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian teologis dan sosiologis
2. Untuk mengetahui pengertian filosofis dan
antropologis
3. Bisa membedakan teologis, sosiologis,
filosofis, dan antropologi
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
ISLAM TINJAUAN TEOLOGIS DAN SOSIOLOGIS
1.
TEOLOGIS
Teologi
berasal dari bahasa Yunani, theos yang
berarti Allah (Tuhan) dan logis, yang
artinya ilmu. Teologi artinya ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang
berkaitan dengan keyakinan beragama atau ilmu yang mempelajari tentang Tuhan.
Teologi
membahas tentang eksistensi Tuhan dan tuhan-tuhan dalam sebuah konsep nilai-nilai ketuhanan yang terkonstruksi
dengan baik sehingga pada akhirnya menjadi sebuah agama atau aliran
kepercayaan.
Teologis
dibagi menjadi tiga, yaitu:
a.
Teologi
normatif/apologis, yaitu upaya memahami agama dengan menggunakan kerangka ilmu
ketuhanan yang menimbulkan keyakinan bahwa agama yang dianut adalah yang paling
benar dibanding agama lain.
b.
Teologi
dialogis, yaitu mengkaji agama tertentu dengan menggunakan perspektif agama
lain. Teologi ini bertolak dari perspektif teologi Kristen. Bahkan, banyak
digunkana oleh orientalis dalam mengkaji Islam.
c.
Teologi
konvergensi, yaitu metode pendekatan terhadap agama dengan melihat unsur-unsur
persamaann dari setiap agama atau aliran, untuk mempersatukan unsur esensial
dalam agama-agama sehingga tidak tampak perbedaan yang esensial.
2.
SOSIOLOGIS
Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius, artinya teman/kawan, dan logos yang artinya ilmu pengetahuan.
Sosiologi juga dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari
fakta-fakta sosial, yang mengandung cara-cara bertindak, berpikir, berperasaan
yang berada diluar individu (Durkheim, 1970). Adapun sosiologi adalah ilmu
pengetahuan yang membatasi diri terhadappersoalan penilaian (Soekarno, 2006).
Dengan menggunakan pendekatan sosiologis,
agama akan dijelaskan dengan beberapa teori, misalnya agama merupakan perluasan
dari nilai-nilai sosial. Agama adalah mekanisme integrasi sosial, agama
berhubungan dengan sesuatu yang tidak di ketahui dan tidak terkontrol, dan masih
banyak teori lainnya. Pendekatan ilmu-ilmu sosial menjelaskan aspek empiris
orang beragama sebagai pengaruh dari norma sosial, dorongan instingtif untuk
stabilitas sosial, dan sebagai bentuk ketidakbudayaan manusia dalam menghadapi
ketakutan. Pendekatan ilmu-ilmu sosial memberikan penjelasan mengenai fenomena
agama dalam kerangka seperti hukum sebab akibat, supply and demand, atau stimulus and respons.
B.
ISLAM TINJAUAN FILOSOFIS DAN TEOLOGIS
1.
FILOSOFIS
Kata
Filosofis berasal dari kata filsafat, dari
bahasa Yunani, yaitu pilos yang
artinya cinta pada kebenaran, ilmu, dan hikmah.
Menurut
Purwadarmita (1999), filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal
budi mengenal sebab-sebab, asas-asas hukum, dan sebagainya terhadap sesuatu
yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti adanya sesuatu.
Studi
Islam pendekatan filosofis adalah melihat suatu permasalahan dari sudut
tinjauan filsafat dan berusaha untuk menjawab dan memecahkan permasalahan itu
dengan menggunakan analisis spekulatif. Pada dasarnya, filsafat adalah berpikir
untuk memecahkan masalah atau pertanyaan dan menjawab suatu persoalan. Akan
tetapi, tidak semua berpikir untuk memecahkan dan menjawab permasalahan dapat
disebut filsafat. Fislafat adalah berpikir secara sistematis radikal dan
universal. Disamping itu filsafat mempunyai bidang (objek yang dipikirkan)
sendiri, yaitu bidang permasalahan yang bersifat filosofis, yaitu bidang yang
terletak diantara dunia ketuhanan yang gaib dengan dunia ilmu pengetahuan yang
nyata.
2.
ANTROPOLOGIS
Antropologi berasal dari bahasa Yunani anthropos, artinya manusia/orang, dan logos yang berarti wacana. Antopologis
adalah ilmu yang mempelajari segala aspek dari manusia, yang terdiri atas aspek
fisik dan non fisik serta berbagai pengetahuan tentang kehidupan lainnya yang
bermanfaat.
Pendekatan
antropologis merupakan salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat
praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.
Menurut
Anthoni Jackshon objek antropologis
terhadap agama ada empat kelompok:
a. Modus pemikiran primitif, meliputi masalah
kepercayaan, rasionalitas dan klasifikasi sistemnya, semacam soal totem.
b. Bagaimana pemikiran dan perasaan
dikomunikasikan, seperti melalui simbol dan mite.
c. Teori dan praktik keagamaan yang topik
sentralnya adalah ritus
d. Praktik ritual sampingan, seperti soal
magis, ekstase, dan orakel.
Kesimpulan
Teologi
membahas tentang eksistensi Tuhan dan tuhan-tuhan dalam sebuah konsep nilai-nilai ketuhanan yang terkonstruksi
dengan baik sehingga pada akhirnya menjadi sebuah agama atau aliran
kepercayaan. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yang
mengandung cara-cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada diluar
individu (Durkheim, 1970). Adapun sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang
membatasi diri terhadappersoalan penilaian, filsafat adalah pengetahuan dan
penyelidikan dengan akal budi mengenal sebab-sebab, asas-asas hukum, dan
sebagainya terhadap sesuatu yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran
dan arti adanya sesuatu, dan Pendekatan antropologis merupakan salah satu upaya
memahami agama dengan cara melihat praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang
dalam masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Kodir, koko Abdul,
Metodologi Studi Islam, Bandung:
Pustaka Setia; cet. 1 Oktober 2014.
PERTANYAAN
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan praktik ritual sampingan,magis, ekstase, dan orakel ?
(Holilah)
2. Berikan contoh dari Pendekatan Sosiologis ?
(Denayu)
3.
Jelaskan
semua point tentang objek antropologi terhadap agama ? (Fadli)
Hadiroh 😇
ReplyDeleteHadiroh 😇
ReplyDeleteHadir
ReplyDeleteHadiroh.
ReplyDelete#pipin
Hadir
ReplyDeleteMuhamad Rizal (1808202164)
HES B/1
Moch hilman Saepulloh (1808202041)
ReplyDeleteSolehatul Fitri (1808202074)
ReplyDeleteWartini (1808202063) HES B/1
ReplyDeleteErni masitoh (1808202047)
ReplyDeleteNadia Ainun Syafi'i (1808202070)
ReplyDeleteHadir pak
ReplyDeleteAhmad faridz anwar
ReplyDeleteHes B / Semester 1
ReplyDelete- Ditta Mardiatta (1808202067)
- Herti (1808202072)
- Eva R.F (1808202050)
- Denayu Pangestu (1808202079)
- Rini Juniati (1808202043)
- Asri Susanti (1808202077)
Hilda fitriani (1808202062)
ReplyDeleteM.Andrianto
ReplyDeleteNIM: 1808202053
Hadir
ReplyDeletePipin Prihatini (1808202066)
- Faturrohman
ReplyDelete- Fadli daud A
- Siti Humaeroh
- Hisni Faoziyah
Safira (1808202076)
ReplyDelete